Kriteria Presentasi Power Point yang Baik versi RahmanCyber Lite

Microsoft Powerpoint merupakan perangkat lunak yang sangat bermanfaat untuk presentasi. Kiprahnya di dunia pendidikan pun juga sudah Tidak diragukan lagi. Perangkat lunak atau Software ini sudah ada loh sejak saya bahkan masih duduk di bangku sekolah.

 

Software ini banyak digunakan untuk membuat presentasi, terutama dalam membantu penyampaian poin yang terstruktur, karena memang sejatinya PowerPoint itu hanya mencantumkan poin-poinnya saja untuk presentasi. Ini gunanya agar pemateri tidak melebar ngalor ngidul. Selain itu dapat membantu pemateri atau presenter jika terjadi kelupaan atau merasa sudah melebar pembahasannya, agar bisa kembali ke jalan yang benar.. :)


Presentasi Power Point yang baik menurut RahmanCyber Lite itu ada 2 hal.

1. Ringkes, dan hanya mencangkup poin poinnya saja untuk dikembangkan dalam presentasi... di improve. Sehingga dosen, pengajar, guru atau presenter tidak terkesan membaca tulisan "Word"

 

ringkes

 

 

2. Antara Isi dan Background harus berbanding terbalik...

Yup! jika isi (tulisan) dengan background memiliki warna gelap terang yang sama, maka hal ini akan membuat isi malah tidak terbaca, apalagi warnanya memang benar benar sama persis (hanya orang orang yang memiliki tingkat kemampuan diatas rata rata yang bisa ngliat... ) 

kalo saya pribadi sih pusing..

Minimal, jika background gelap, isi atau teksnya ya terang... 

 

gelap terang
Contoh (Gelap Terang)

terang gelap
Contoh "Terang Gelap"

 

 

Anda bisa mencari referensi warna di sini pembahasan tentang bagaimana mencari referensi warna, pernah saya bahas. Walaupun sebenarnya itu merupakan bahan untuk desainer grafis, tetapi gak masalah, anda boleh mengetahuinya..

3. Ukuran Font diatas 28pt :)

Hal ini tidak memungkinkan anda ngetik 1000 kata dalam satu slide.. wkwkwk, nilai 28 itu bisa dibilang standard, tetapi font ukuran 20 masih bisa masuk kok, cuman lebih baik 28 keatas. 

Dibawah itu, maka presentasi anda mirip "Ms.Word" yang biasanya memakai nilai 12... hehe


contoh slide power point

contoh slide power point

contoh slide power point

contoh slide power point

contoh slide power point




 

Udah, itu aja..

Jika itu terpenuhi, sudah bisa dikatakan sebagai "Presentasi yang Baik" di rahmancyber lite.

kurang tau jika ditempat lain...

 

Untuk lain lain, seperti dekorasi, transisi, animasi..

Bagi saya itu nilai plus...

 

Jika dalam perkuliahan, berarti jika anda bisa mencapai kriteria "Presentasi power point yang baik" maka sudah lulus, atau cukup.

 

Baru, ketika anda menambahi dekorasi, clipart yang sesuai, beri animasi biar menarik, kasih transisi antar slide... itu bisa nambahin nilai,

 

Misalnya, anda mencapai kriteria presentasi power point yang baik, berarti anda sudah dapat nilai B.

Jika anda melakukan dekorasi untuk memperindah tampilan presentasi anda, maka bisa jadi nilai  anda akan A atau kalo diakumulasi setelah anda sarjana, maka anda bisa "Cum Laude"

 

Hehe...

 

Tetapi anda perlu hati hati dalam mendekorasi atau me "Make Up" presentasi Power Point anda, agar mtidak malah membuat Slide Presentasi anda menjadi keluar dari kaidah kriteria presentasi yang baik tadi.

 

 

 

 

Sekian, pembahasan "Kriteria Presentasi Power Point yang baik."