Istilah Barang dagangan di toko online yang perlu kamu tau sebelum transaksi jual beli

RahmanCyber Lite - Saat ini, jual beli secara online sudah menjadi kebiasaan banyak orang, entah itu di marketplace yang memiliki banyak jaringan toko, maupun perorangan melalui whatsapp, maupun media lainnya.

Bahkan, saat ini juga banyak vendor official sudah menjual barangnya langsung secara online.


istilah barang di toko online yang perlu kita tahu
box - pixabay



Terkadang sebagai pembeli, kita sering menemui beberapa istilah yang muncul di halaman penjualan produk, misalnya aja BNIB , apa itu? MIB, apa sih itu...


daripada bingung di sini kita membahas lebih dalam tentang permasalahan yang sering muncul penjualan toko online.


1. BNIB atau BNWB

Merupakan singkatan dari "Brand New in Box" atau "Brand New with Box", biasanya istilah ini sering digunakan dirinya tiang bareng Azmi atau bukan bagi perorangan, Biasanya sih official, atau perwakilan langsung resmi, seperti distributor.


2. BNWB

Merupakan singkatan dari "Brand New Without Box",yang merupakan produk baru yang dijual tetapi tanpa menggunakan kemasan atau box yang seharusnya.

sehingga ketika kita membeli barang kadang kita tidak menerima barang dengan kardus atau kemasan yang dikeluarkan oleh pabrik.


3. Loose

ini istilah 11 12 sama BNWB, cuman kalo loose ini merupakan barang bekas. BIsa juga disebut "batangan" tanpa dus, aksesoris, buku panduan, garansi dan lainnya... 

Agak rawan juga sih beli ginian... karena kita tidak benar benar tau, barang berasal dari mana.


4. MISB

Merupakan singkatan dari "Mint in Sealed Box", video ini merujuk pada barang asli dari pabrik, baru dan belum pernah dikeluarkan apalagi digunakan oleh orang lain. Untuk kemasan terjamin, karena masih dalam kondisi tersegel.


5. MIB

Merupakan singkatan "Mint in Box", biasanya digunakan untuk memberitahu ketika barang baru dalam kemasan pabrikan tetapi terdapat beberapa kerusakan yang terdapat dalam kemasan, misal kardus udah penyok, robek, jamuren, dan sebagainya...

Tetapi walau demikian, tidak mempengaruhi kualitas barang yang ada di dalam kemasan, karena memang masih terbilang baru dan belum pernah tersentuh konumen apalagi digunakan... :)


6. BIB

Merupakan singkatan "Back In box", film terbaru yang pernah dikeluarkan dari kardus atau tempatnya, tetapi belum pernah di gunakan.

Misalnya aja barang itu dijadikan sebagai barang pajangan di showroom, atau lainnya sebagai contoh, tetapi barang kemudian akan dijual, sehingga dimasukkan lagi ke dalam box aslinya.


7. BM

Merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebut barang "Black Market" atau yang berasal dari pasar gelap/illegal.

Biasanya barang ini adalah barang yang tidak melalui bea cukai, dan harganya kebanyakan lebih murah dari yang dijual dipasaran. Hanya aja, ketika anda membeli barang tersebut, anda tak akan mendapat garansi resmi, jika barang rusak ya udah... gak bisa klaim.




Itu beberapa istilah barang yang sering muncul di deskripsi produk ya sob, semoga bisa menjadi pengetahuan bersama, sehingga kita bisa mendapat barang yang memang sesuai dengan yang diinginkan dan terhindar dari barang yang memang tidak kita inginkan.