Cara Membuat Project Baru Whiteboard Animation Menggunakan Software VideoScribe

Setelah anda berhasil melakukan Pendaftaran akun baru, seperti yang dijelaskan di tutorial membuat akun dan download software VideoScribe kemarin, setelah itu saya asumsikan untuk mengikuti pembahasan ini, anda harus sudah melakukan installasi software VideoScribe di komputer atau laptop anda, seperti yang telah saya jelaskan untuk cara instalasinya langkah demi langkah di Tutorial Installasi Software VideoScribe.


Setelah anda mengikuti itu semua, berarti anda sudah siap untuk membuat Video Animasi Papan Tulis / Whiteboard dengan menggunakan VideoScribe.



Kenapa VideoScribe?


Kenapa? karena software ini mudah untuk dipahami, prosesnya sederhana dan hemat waktu.

Oke lah, kita bisa buat pake Powerpoint, tetapi kita butuh buat animasiin tangan, animasiin bayangan, terus sesuaikan durasi antara tangan dengan objek yang di wipe, belum lagi agar lebih natural pake rotasi dan manipulasi lainnya, yang tentu butuh waktu lebih... dan ketelitian.. 


Bayangkan aja jika ada banyak materi, ada banyak bahan ajar yang ingin dibuat konten... okelah bisa hire, tetapi anda perlu membayar juga untuk jasa pembuatannya bukan? :)


Mana ada orang repot repot buatin video bahan ajar yang banyak dengan tenggat waktu yang cepat, dan harus lembur tanpa di gaji? duh...  time it's money..... 

Jika anda aja tidak mau rugi, apalagi orang lain..? :)



Bukankah bisa pake After Effect?

 

Yup, bisa banget... tetapi disitu anda membutuhkan hardware dengan pendukung grafis yang mumpuni dong.. :) karena ini merupakan project yang membutuhkan rendering yang lumayan....


Semakin rumit objek, maka semakin berat... maka dari itulah, para Sultan mah gampang buat ginian... karena hardwarenya mendukung untuk pekerjaan berat.. ( PC dengan LAPTOP mending mana? ) Jelas PC, dari segi harga dan kehandalan, terus ketika terjadi kerusakan pun juga lebih mudah penanganannya.. berbeda dengan Laptop... ) laptop itu untuk kepraktisan aja, tapi kalo untuk rendering pekerjaan berat, saya rasa ini kasian.. kecuali jika anda ada jaminan "kalo laptop rusak bisa beli lagi dengan mudah... stok uang buanyak" 


Maka dari itu... :)

 

Selain itu, anda perlu skill visual effect juga loh... :) , betapa mumetnya jika anda udah sibuk ngajar, buat materi, terus mainan visual effect pula... ( kalo apa yang anda dapatkan setimpal sih... don't worry... kehidupan terjamin kan... :)



Bagaimana Membuat Project Whiteboard Animation Baru?



Cara Membuat Project Baru di VideoScribe


1. Silahkan anda login ke VideoScribe, jika belum paham bagaimana login di videoscribe, silahkan baca artikel sebelumnya.


2. Pada halaman utama VideoScribe, silahkanklik tombol "Create a New Scribe"

 

create new project

Catatan :

Tombol "Recent Scribes", menampilkan project scribe sebelumnya.


recent scribe

Tombol "Local Sribes", menampilkan project yang tersimpan di komputer.

 

local scribe

 

Tombol "Online Scribes", menampilkan project scribe yang tersimpan di akun Online saja

Tombol "Template Scribes", berisi berbagai macam template scrabe siap pakai.

 


 

 

 

 

3. Setelah itu, anda akan menuju ke Halaman Project Baru yang masih benar benar kosong.

 

project baru VideoScribe

 




Oke sobat Lite, sekian Panduan membuat Project Baru di VideoScribe, Whiteboard Animation Software




Selanjutnya, kita akan mengenal Area Kerja / Workspace dari Software VideoScribe.






F.N.A-RED