Cara Mengaktifkan Kembali Nomor SIM CARD yang hangus

SIM CARD atau kartu sim merupakan sebuah kartu kecil yang ditaruh di telepon genggam atau smartphone yang kalian miliki yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi.


SIM CARD


Tak jarang ini menjadi identitas atau alamat unik seseorang untuk dapat terhubung dari jarak jauh tanpa khawatir terbatas jarak, ruang dan waktu...  Cuman, sebenarnya SIM CARD bukanlah yang utama, karena SIM CARD saja, kalian tak akan bisa melakukan apa apa, yang terpenting adalah Perangkat kalian, entah itu ponsel maupun smartphone. 

Karena kemampuannya menyimpan identitas unik, SIM CARD ini sekarang banyak digunakan untuk memverifikasi akun online, entah itu akun perbankan, akun marketplace, maupun akun sosmed.


Saking pentingnya, Ketika kita lupa memperpanjang masa aktif dan akhirnya hangus, kitapun kadang puyeng, karna harus ngurus penggantian identitas, terutama jika berkaitan dengan perbankan.


kenapa sih harus pakai "masa aktif" dimana kita beli pulsa biasanya untuk bisa menambah masa aktif kartu agar tetap aktif.


walau memang ada masa tenggang, cuman kalo sudah melebihi masa tenggang 30 hari, ya hangus.


Beberapa Provider menerapkan adanya remisi, atau jika kartu hangus kalian bisa mengaktifkannya kembali tanpa harus ke Center.



Cara Mengaktifkan kembali Kartu SIM Telkomsel


Telkomsel misalnya, jadi telkomsel ini dari informasi yang saya dapat, memberi kelonggaran ke pelanggan jika sudah lewat masa tenggang, asalkan tidak melebihi 60 hari sejak berakhirnya masa tenggang, maka kita bisa reaktivasi.


Caranya adalah dengan menekan kode UMB

*888*89#

Proses aktivasi memakan waktu sekiranya 1 hari / 1x24 jam.


hal ini cukup baik sih, sehingga jika pengguna lupa, karena sebagian banyak sekarang sudah pada memakai aplikasi messenging online, setidaknya ada kesempatan untuk tidak kehilangan nomor. Apalagi jika itu nomor utama.


Cara aktivasi lengkap :

1. siapkan berkas seperti ktp, kk, dan kartu fisik telkomselnya.

2. tekan *888*89# melalui "dial" kalo di smartphone android

3. pilih menu 1 "mengaktifkan kembali kartu"

4. pilih menu 1 "setuju" 

5. masukkan nomor ktp "NIK" dan kartu keluarga (KK)

6. setelah itu anda akan menerima sms notif yang mengabarkan apakah kartu sim telkomsel tersbut bsa diaktifkan kembali atau tidak.



Cara Mengaktifkan Kembali SIM CARD pada umumnya


selain diatas, kalian bisa langsung menuju ke center layanan telekomunikasi, yang biasanya tersebar di tiap tiap kota.

dari pengalaman admin, jika kartu masih belum lama hangus, bisa beralih ke pasca bayar, setelah berlangganan kurang lebih 3-6bulan baru bisa berubah ke prabayar lagi.


hal ini tentu kalian perlu katakan sebelumnya, anda akan beralih ke prabayar, itu tujuannya.. supaya langganan anda tidak di set permanen, alias selamanya pasca bayar.


setelah 3 bulan, kita bisa datang lagi ke center untuk pindah ke prabayar.







Itulah beberapa cara singkat untuk mengaktifkan kembali nomor simcard yang hangus akibat lupa memperpanjang masa aktif.


Lalu kalo udah lama hangus bagaimana?

Nah, itu.. karena ada sistem Recycle Nomor sih gan, kalo dulu saya pernah tanya ke CS nya, setelah 6 bulan, maka di recycle, kalo sekarang.. entahlah.. apakah lebih cepat atau malah tidak di recycle.. :)


Pernah tiba tiba dapet SMS dari orang tak dikenal? padahal beli nomor baru loh. :) yup! berarti yang kau beli itu Recycle'an... bayangkan jika itu bekas pinjaman online... hmmmmm


Terus adalagi kasus, baru daftar WA, EH di WA Orang tak dikenal, bahkan di telpon.. kan creepy bgt...



Walau demikian ada loh provider yang tidak menerapkan metode "perpanjang masa aktif" pake pulsa, anda hanya perlu aktif di jaringan saja, maka kartu akan tetap aktif.



Bagaimana cara memperpanjang masa aktif sim card